Perkembangan Pondok Pesantren Daruth Tholibiin dan Implikasinya terhadap Penanaman Nilai-Nilai Islam di Kecamatan Lengkong, Kabupaten Nganjuk 1987-2022

Authors

  • Subkhana Adzim Baqi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

Abstract

Pondok pesantren merupakan suatu lembaga pendidikan Islam yang di dalamnya terdapat seorang kyai (Pendidik) yang mengajar dan mendidik para santri (peserta didik) dengan sarana masjid yang digunakan untuk menyelenggarakan pendidikan tersebut, serta didukung adanya pemondokan atau asrama sebagai tempat tinggal para santri. Eksistensi pesantren saat ini tidak terlepas dari sejarah pesantren yang dikembangkan oleh lembaga pendidikan tersebut. Oleh karena itu dalam sejarah perkembanganya, pondok pesantren Daruth Tholibiin berusaha mengembangkan eksistensi pesantren dengan menjadikan tempat pembelajaran agama yang efektif guna menjadikan anak didiknya menjadi anak yang sholeh sholihah. Selain itu, pondok pesantren Daruh Tholibiin mempunyai peran penting dalam menanamkan nilai-nilai Islam. Dalam menghadapi kemajuan zaman beberapa lembaga pendidikan Islam melakukan pembaharuan dalam system pendidikan klasik menjadi system madrasi. Pondok Pesantren Daruth Thalibiin juga ikut andil dalam perubahan sistematika pembelajaran supaya dapat secara mudah dalam menanamkan nilai religiusitas dalam masyarakat. Dalam kepengurusan pondok juga melibatkan masyarakat supaya kedepannya bisa mengajarkan sisi keilmuan pondok pesantren dalam lingkunganya.

Author Biography

Subkhana Adzim Baqi, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

Fadib Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta

References

Abdurrahman, Dudung. (2011), Metodologi Penelitian Sejarah Islam, Ombak, Yogyakarta.

Mastuhu. (1994), Dinamika Sistem Pendidikan Pesantren, INIS, Jakarta.

Mujib, Abdul. (2006), Ilmu Pendidikan Islam, Kencana Penada Media, Jakarta.

Naif, M Dian,dkk. (2007), Praktis Pembelajaran Pesantren, Instite For Training and Development Amberst, Yogyakarta.

Noer, Ahmad Syafi’i. (2001), Pesantren Asal-Usul dan Pertumbuhan Kelembagaan Dalam Abudin nata, Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan Lembaga-Lembaga Pendidikan Islam Di Indonesia, PT Grasindo, Jakarta.

Prasojo, Sudjoko. (1982), Profil Pesantren, LP3ES, Jakarta.

Qomar, Mujamil. (1996), Pesantren Dari Transformasi Metodologi Menuju Demokratisasi Institusi, Erlangga, Jakarta.

Saarijo, Marwan, et.al. (1979), Sejarah Pondok Pesantren, Jakarta.

Sahal, Fuad. (2018), Sejarah Singkat Pondok Pesantren at-Tanwir Talun, Talun, Bojonegoro.

Susanto, Nugroho Noto. (1978), Masalah Penelitian Sejarah Kontemporer, Yayasan Idayu, Jakarta

Wahid, Abdul. (2015), Islam Indonesia Pasca Reformasi, Imtiyaz, Surabaya

Wawancara:

Ali Muntoha, Wawancara, Nganjuk 10 Januari 2022

Imam Mustaqim, Wawancara, Nganjuk 10 Januari 2022

Khanif, Wawancara, Nganjuk 10 Januari 2022

Umar, Wawancara, Nganjuk 10 Januari 2022

Umi Salamah, Wawancara, Sidoarjo 11 Januari 2022

Downloads

Published

2022-05-22