Efektivitas Tahfidh dan Tahsin Al-Quran pada Masyarakat di Indonesia

Authors

  • Nadia Saphira Cahyani
  • Neila Sakinah
  • Nur Nafisatul Fithriyah Tazkia IIBS Malang

DOI:

https://doi.org/10.21776/ub.iij.2020.002.02.03

Abstract

Artikel ini ingin menunjukkan asal mula munculnya tahfidz Alquran di Indonesia, korelasi antara tahfidz dan tahsin, serta efektivitas anatara tahfidz dan tahsin di Indonesia. Dengan berbagai metode tahfidz dan tahsin yang ada di Indonesia, penulis mencoba menganalisis metode mana yang cocok dan sesuai untuk diterapkan kepada masyarakat Indonesia untuk mengoptimalkan dan memaksimalkan dalam menghafal Alquran. Selain itu metode tahfidz juga diperlukan untuk menunjang kelancaran dan memudahkan dalam menghafal.

Metode yang digunakan dalam artikel ini yaitu metode historis, dengan mengkorelasikan antara metode awal hafalan di Indonesia dengan yang digunakan pada saat ini. Metode historis juga dapat memberikan pemaparan dari para Kiai atau masyarakat Indondesia yang terlibat dalam awal mula menghafal Alquran. Kemudian dapat ditarik untuk dianalisis dengan metode menghafal Alquran yang ada pada saat ini.

Analisis dari penulis menghasilkan bahwa tahfidz dan tahsin merupakan dua elemen yang tidak dapat dipisahkan. Keduanya harus berjalan secara beriringan dengan tujuan agar mendapatkan hasil yang maksimal dan mendapat kesempurnaan dalam bacaan maupun menghafal Alquran.

Downloads

Published

2021-01-25